Pertanyaan : Ass.
Mhn penjelasan dalil duduk iftirasy pd rakaat trakhir shalat 2 rakaat?
Mengapa tdk tawarruk mnurut hadist Bukhary – Abu Humaid? Jazakumullah (Arjuna S, ST. AAAIK )
Jawaban : Ada dua hadits yang menunjukkan disyari’atkannya duduk iftirosy pada raka’at terakhir dari sholat-sholat dua raka’at, yaitu:
Hadits Pertama: Hadits ‘Abdullah bin Zubair -radhiyallahu ‘anhu-,
Beliau berkata:
“Adalah Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wasallam- apabila beliau duduk dalam dua raka’at, beliau menghamparkan kaki
kirinya dan menegakkan yang kanan, beliau meletakkan ibu jarinya di
atas jari tengah dan beliau berisyarat dengan telunjuknya, beliau
meletakkan telapak tangan kirinya di atas paha kirinya, sedang telapak
tangan kanannya menggenggam lututnya”. (HR. Ibnu Hibban (5/370/1943) dengan sanad yang hasan).
Hadits Kedua: Hadits Wa`il bin Hujur -radhiyallahu ‘anhu-.
Beliau berkata, menceritakan sifat sholat Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam-:
“ Dan
apabila beliau duduk dalam dua rakaat, beliau membaringkan kaki kirinya
dan menegakkan kaki kanannya, beliau meletakkan tangan kanannya di atas
paha kanannya seraya menegakkan jarinya untuk berdoa, dan beliau
meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya” (HR. An-Nasa`i (2/236/1159) dengan sanad yang shohih).
Adapun
hadits Abu Humaid riwayat Imam Al-Bukhary, maka justru dia mendukung
makna kedua hadits di atas, yakni Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam-
duduk iftirosy pada raka’at kedua. Beliau bercerita tentang sifat sholat
Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam-:
”Dan
apabila beliau duduk pada dua rakaat, beliau duduk di atas kaki kirinya
dan menegakkan yang kanan. Kemudian apabila beliau duduk di rakaat
terakhir, beliau memajukan kaki kirinya dan menegakkan kaki yang lainnya
dan beliau duduk di atas tempat duduknya” (HR. Al-Bukhari no. 794)
Dan
ada beberapa dalil lain yang menguatkan makna di atas, bisa dilihat
dalam Sunan Abi Daud (734, 858) dari hadits ‘Abdullah bin Maslamah dan
‘A`isyah -radhiyallahu ‘anhuma-, dan keduanya dishohihkan oleh Syaikh
Al-Albany dalam Shohih Sunan Abi Daud (1/213, 243)
Berlandaskan semua hadits-hadits di atas, maka Al-Lajnah Ad-Da`imah menguatkan bahwa yang sunnah dalam sholat yang dua raka’at, baik yang wajib maupun yang sunnah adalah duduk iftirosy. Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah (7/15-18)
Sumber: http://almakassari.com oleh Ust. ‘Abdul Qodir dan Ust. Hammad Judul: Mengapa Harus Duduk Iftirasy ketika Shalat 2 Rakaat ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar